Cara Membuat Brosur Makanan Dengan Template Microsoft Word

Berbagai macam cara membuat brosur makanan dilakukan untuk menarik perhatian para calon konsumen. Tentu saja pembuatan brosur tersebut dapat dilakukan melalui berbagai macam alat bantu. Salah satunya yang banyak dipilih yaitu dengan menggunakan template yang tersedia pada Microsoft Word. Ini merupakan cara paling mudah dan umum untuk digunakan.

Sayangnya bisa jadi banyak yang kesulitan untuk memulai pembuatan brosur menggunakan template pada Microsoft Word untuk pertama kalinya. Oleh karena itu informasi tentang langkah-langakah cara membuat brosur makanan dengan template tersebut sering dibutuhkan. Salah satunya dengan jalan mengikuti cara yang ada berikut di bawah ini.

Baca Juga:

Bahan Baku Untuk Membuat Brosur

Membuat Brosur Dari Awal

Brosur Sederhana itu penting

Cara pertama yang bisa diterapkan saat ingin membuat brosur yang menarik melalui Microsoft Word yaitu dengan merencanakan serta menyiapkan desain secara mandiri. Banyak yang menyukai opsi ini karena lebih mudah untuk mendesain brosur sesuai keinginan serta kebutuhan. Sehingga beberapa orang memilih mendesain  brosurnya dengan konsep yang dimiliki sendiri.

Tentu saja hal ini cukup mudah dilakukan menggunakan Microsoft Word, caranya yaitu sebagai berikut.

  • Pertama-tama ciptakan nama dokumen untuk desain brosur yang ingin Anda buat. Pilih fitur “File – New – Blank Document” kemudian simpan dengan nama file yang diinginkan melalui menu “File – Save”.
  • Setelah membuat nama file dan menyediakan lembar kosong untuk pembuatan brosur, maka pilih lebih dulu jenis layout yang akan digunakan. Pilih menu “Layout – Orientation – Landscape”. Tujuannya untuk memudahkan pembuatan brosur sesuai dengan jumlah kolom yang diinginkan. Orientasi berupa landscape ini umumnya membantu membagi lebih banyak kolom pada lembar halaman pada Microsoft Word.
  • Selanjutnya bagilah kolom sesuai dengan kebutuhan. Jika ingin membuat brosur dalam satu halaman penuh maka hal ini tidak diperlukan. Namun jika ingin membagi halaman brosur menjadi tiga bagian untuk dilipat, maka pilih desain tiga kolom pada halaman landscape tersebut. Caranya yaitu dengan memilih menu “Layout – Columns – Three”. Jika ingin membagi menjadi dua kolom cukup pilih dua, demikian juga jika ingin membaginya menjadi empat atau lima maka cukup pilih angka yang diinginkan.
  • Apabila Anda ingin membuat brosur yang terdiri dari dua halaman, yaitu depan dan belakang, maka pastikan untuk membuat dua halaman desain pada layout ini. Caranya dengan menambah halaman menjadi dua lalu lakukan seting supaya halaman kedua memiliki format yang sama persis dengan format di atas. Artinya, lakukan langkah di atas sekali lagi untuk halaman berikut pada brosur yang didesain.
  • Setelah melakukan format dan merencanakan halaman selesai dilakukan, maka selanjutnya beralih pada desain brosur itu sendiri. Perlu diingat bahwa Microsoft Word memberikan banyak opsi bagi yang ingin membuat brosur beraneka ragam. Mulai dari bentuk-bentuk tertentu, menambahkan gambar, hingga membuat kata-kata dengan desain yang menarik.
  • Dalam hal ini cukup melihat di bagian menu “Insert”. Disini Anda dapat menemukan berbagai macam menu yang mendukung desain brosur sesuai keinginan. Mulai dari menu “Ilustration”, menu “Text”, hingga menu “Symbols”.

Jika ingin brosur makanan terlihat menarik, sebaiknya gunakan gambar-gambar yang menggugah selera. Gunakan juga huruf dengan warna-warna menarik hati yang membuat calon pelanggan ingin mencobanya.

  • Setelah melakukan desain brosur sesuka hati, jangan lupa untuk menyimpan desain yang telah dilakukan. Jika tidak maka bisa jadi desain yang telah dibuat akhirnya hilang dan tidak bisa digunakan. Nah, jika ingin mencetak hasil desain, cukup hubungkan dengan mesin pencetak dan lakukan pencetakan pada kertas dengan ukuran yang dibutuhkan.

Baca Juga:

Begini Lho, Cara Membuat Brosur Yang Menarik Dan Ampuh Untuk Promosi

Membuat Brosur Menggunakan Template Tersedia

Tulisan di brosur harus singkat, padat, dan jelas

Bagi yang memiliki sedikit waktu, atau merasa bingung dengan konsep desain yang ingin dibuat, ada cara lain yang lebih sederhana. Cara ini yaitu dengan menggunakan template brosur yang ternyata tersedia pada Microsoft Word secara gratis. Banyak orang mungkin tidak mengetahui fitur yang satu ini. Namun, jika ingin brosur Anda menarik namun tidak memiliki kemampuan desain yang baik, maka menggunakan template adalah cara yang paling optimal.

Cara membuat brosur makanan dengan template Microsoft Word ini dapat dilakukan dengan jalan sebagai berikut.

  • Lakukan langkah pertama yang mirip seperti pada langkah pembuatan brosur dari awal yang telah disebutkan sebelumnya. Langkah ini yaitu membuat dan menyimpan nama file desain brosur yang akan dibuat. Bedanya jangan memilih “blank document” melainkan gunakan template brosur dengan mengetik kata tersebut pada kolom pencari di bagian atas. Setelah Microsoft Words memberikan sejumlah format template untuk pembuatan brosur, maka Anda dapat memilih template yang disukai. Barulah setelah itu simpan template yang Anda inginkan dengan nama file tertentu.
  • Setelah sukses melakukan langkah tersebut, maka beralih pada cara membuat brosur makanan selanjutnya dengan memanfaatkan template yang telah tersedia di Microsoft Word tadi. Sebagai tambahan informasi, beberapa orang mungkin tidak menyadari fitur yang menarik ini. Padahal dengan menggunakan template tersebut, otomatis waktu yang diperlukan lebih sedikit, serta Anda tidak perlu susah memikirkan desain yang sesuai untuk produk yang ingin Anda iklankan.

Dalam memanfaatkan template ini juga cukup mudah, karena pada dasarnya sudah tersedia format kolom, format gambar yang bisa digunakan, hingga format font pada tulisan yang cukup menarik dan sesuai. Dari sisi desain semua format ini sudah ditata sedemikian rupa hingga membantu padanan desain yang rapid an cantik.

  • Apabila telah selesai melakukan desain brosur pada template di atas, maka selanjutnya simpanlah semua modifikasi yang Anda lakukan untuk memastikan file tersebut tidak hilang. Supaya lebih menarik tentu bisa saja menambahkan beberapa item yang tidak disediakan oleh desain template tadi. Namun jika benar-benar tidak memiliki inspirasi maka cukup ikuti petunjuk pada template dan tempatkan informasi yang diperlukan dengan tepat.
  • Terakhir jika ingin mencetak brosur yang telah didesain tersebut, maka lakukan pencetakan seperti biasanya. Pastikan terhubung dengan mesin cetak atau printer lalu sesuaikan setingan cetak sesuai kebutuhan ukuran kertas yang digunakan.

Baca Juga :

Pengertian, Fungsi dan Ciri-Ciri Brosur yang Belum Kamu ketahui

Mengenal Online Marketing dan Offline Marketing

7 Jenis Offline Marketing Yang Masih Efektif

Nah, itulah beberapa cara membuat brosur makanan terutama dengan memanfaatkan Microsoft Word sebagai alat bantu. Tentunya cukup mudah untuk dicoba dan diterapkan bagi siapa saja. Baik yang memiliki pengalaman desain brosur maupun yang masih pemula.

Adapun apabila Anda mengalami kesulitan untuk mendesain sebuah brosur produk tertentu, sebaiknya serahkan saja kepada jasa profesional. Sehingga dapat menghemat waktu dan tenaga, serta pastinya dapat memperoleh hasil yang lebih baik. Salah satunya jika ingin menggunakan jasa profesional, percayakan saja pada bonafide.

Jasa yang satu ini dapat membantu Anda dalam berbagai macam layanan periklanan, salah satunya dengan membantu pembuatan brosur. Sebagai jasa yang bergerak di bidang digital printing, maka tentunya pembuatan desain brosur berikut pencetakan brosur dalam jumlah besar dapat dilayani dengan baik oleh Bonafide. Jadi jangan khawatir, ingin desain brosur menarik, percayakan pada Bonafide.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *