Lebih Efektif Mana, Media Periklanan Baliho Atau Brosur?

Efektif mana? Media periklanan baliho atau brosur? Mungkin pertanyaan semacam ini seringkali muncul di benak beberapa orang terutama para pebisnis. Tampaknya kedua media periklanan tersbeut bisa dibilang sama-sama bagus. Keduanya sama-sama memberikan peluang yang besar bagi sebuah perusahaan untuk memasarkan produknya secara efektif. Pemasaran sendiri tentunya merupakan suatu aktivitas yang harus dilakukan oleh setiap perusahaan untuk mempromosikan produknya. Melalui aktivitas pemasaran maka diharapkan agar nantinya produk yang dikeluarkan oleh perusahaan bisa dikenal dan diterima oleh pasar.

Maka dari itu berbagai media promosi dan pemasaran selalu menjadi suatu hal yang perlu dipikirkan oleh tim marketing atau tim promotion. Termasuk pula media baliho dan brosur yang sama-sama dinilai bagus dna bisa berfungsi dengan baik dalam memperkenalkan serta menawarkan suatu produk kepada konsumen. Namun untuk memahami lebih lanjut mengenai mana yang lebih efektif tentunya perbedaan utama dari baliho dan brosur ini perlu dimengerti dan dipahami secara lebih lagi sehingga pebisnis bisa memutuskan mana yang tepat dan lebih efektif untuk kepentingan usahanya.

Artikel Lainnya : Cara Pembuatan Baliho Beserta Bahan yang Digunakan

Perbedaan Baliho dan Brosur

Begini Lho, Cara Bikin Brosur Yang Menarik Dan Ampuh Untuk Promosi

1. Dimensi ukuran

Perbedaan yang tampak jelas dari baliho dan brosur yaitu terletak pada bentuk fisiknya. Baliho pada dasarnya memiliki ukuran yang cenderung sangat besar. Bahkan ukurannya ini biasanya dihitung dalam satuan meter. Tentu saja bentuk dan ukurannya ini berbeda dengan brosur yang ukurannya hanyalah sebesar lipatan kertas saja. Biasanya ukuran baliho bisa dipilih sesuai kebutuhan misalnya 2×3 meter atau mungkin 3×4 meter atau bahkan bisa saja dibutuhkan baliho ukuran 4×6 meter. Sedangkan brosur biadanya memiliki ukuran yang sama dengan ukuran kertas pada umumnya. Seringkali pula brosur berukuran setengah dari media kertas yang digunakan.

2. Bahan material

Baliho yang berukuran sangat besar biasanya diletakkan di lokasi yang strategis sehingga bisa dilihat oleh madyarakat umum. Tentu saja bahan material yang diguanakan untuk membuat baliho haruslah kuat agar nantinya media promosi tersebut tidak sampai tumbang dan jatuh. Maka dari itu sebuah baliho biasanya dibuat dengan menggunakan bahan material berupa kayu. dan logam. Selain itu ada pula bahan lain yang juga digunakan untuk membuat baliho seperti misalnya kain dan fiber glass. Sedangkan sebuah brosur tentu saja dibuat dari kertas dengan jenis dan ukuran tertentu.

Artikel Lainnya : 6 Tips Memasang Iklan Baliho Yang Menarik

3. Pemasangan atau penyebaran

Baliho dan spanduk pada dasarnya sama-sama bertujuan untuk mempromosikan produk. Namun baliho yang berukuran besar biasanya dibuat dengan lokasi yang cenderung terbuka yaitu di luar ruangan. Bahkan bisa saja dipasang di tempat fasilitas umum sehingga bisa dilihat oleh sekian banyak orang yang ada di tempat tersebut.  Hal ini cukup berbeda dengan brosur. Brosur biasanya dicetak dalam jumlah banyak dan dibagikan di tempat failitas umum juga. Namun brosur tidak terpampang di luar ruangan seperti halnya baliho. Brosur yang berukuran lebih kecil biasanya disebarkan oleh beberapa orang di suatu lokasi tertentu. Agat oemyebaran brosur bisa memberikan hasil maka sebaiknya brosur disebarkan di tempat yang menjadi lokasi bagi target pasar.

4. Fungsi

Perbedaan selanjutnya antara baliho dan brosur bisa dilihat dari fungsinya. Sebenarnya sebuah baliho dibuat dengan ukuran dan bahan tertentu agar bisa dilihat oleh banyak orang secara langsung dan secara bersamaan pada saat itu juga. Berbeda dengan brosur yang dibuat dengan tujuan dan fungai untuk disebarkan pada orang tertentu saja. Jadi brosur diberikan pada konsumen yang sekiranya memang menjadi target perusahaan. Sekilas memang kedua media iklan ini sama-sama dimaksudkan untuk mempromosikan produk. Namun fungsi khusus dari keduanya adalah berbeda dan hal ini bisa dilihat dari cara penyampaiannya kepada masyarakat.

Artikel Lainnya : Pengertian, Fungsi dan Ciri-Ciri Brosur yang Belum Kamu ketahui

4. Anggaran biaya

Masalah anggaran untuk aktivitas promosi sudah tentu menjadi hal yang sangat penting dan harus diperhitungkan secara cermat serta teliti. Baliho yang berukuran besar sudah tentu memerlukan biaya yang lebih besar daripada brosur yang hanya membutuhkan media berupa kertas saja. Ditambah lagi sebuah baliho terkadang membutuhkan biaya pemasangan yang mungkin tidak begitu murah. Bebeda dengan brosur yang bisa diaebarkan oleh siapa saja termasuk pemilik bisnis. Anda bisa membagikan brosur tanpa menggunakan jasa pegawai sehingga anggaran untuk brosur biasanya lebih irit.

Tips Memilih Yang Lebih Efektif Antara Baliho atau Brosur

Source : gridoto.com

1. Sesuaikan dengan anggaran

Untuk memilih media promosi yang tepat apakah baliho atau brosur haruslah melihat anggaran yang tersedia. Jika memang banggaran tidak terlalu besar maka tidak ada salahnya promosi produk diawali dengan menggunakan brosur. Ke depannya mungkin bisa pula digunakan baliho untuk semakin mendekatkan produk pada konsumen. Jadi perhatikan berapa jumlah anggaran yang tersedia untuk aktivitas promosi.

2. Tentukan segmen pasar

Selanjutnya tentukan segmen pasar sejak awal agar media promosi bisa pula ditentukan sejak awal. Dalam hal ini target pasar bisa ditentukan apakah umum atau mungkin ada klasifikasi dan sebagainya. Jika memang ada klasigikasi pasar maka brosur bisa menajdi pilihan bagi Nad auntuk melakukan aktivitas promosi.

3. Perhatikan materi

Langkah berikutnya adalah menentukan materi promosi. Yang dimaksud dengan materi disini adalah apa yang akan dituangkan dalam media promosi tersebut. Apakah hanya berupa teks atau tulisan ataukah promosi juga akan menggunakan gambar. Jika memang materi berupa teks maka sebaiknya promosi dilakukan menggunakan brosur sehingga lebih efektif dan efisien. Namun jika materi menggunakan gambar maka baliho bisa menjadi sarana ataunmedia promosi yang cenderung lebih praktis.

4. Pertimbangkan kelebihan dan kekurangan

Pahami secara lebih lagi mengenai kelebihan dan kekurangan dari penggunaan baliho dan brosur sebagai media promosi. Jika memang salah satunya dirasa lebih banyak kelebihan daripada yang lainnya maka Anda bisa memilihnya sebagai media promosi.

Artikel Lainnya : Cara Membuat Brosur Makanan Dengan Template Microsoft Word

Memanfaatkan Baliho dan Brosur dengan Efektif

Efektif mana? Media periklanan baliho atau brosur? Tentu kini Anda bisa memilih dan menentukan mana yang lebih tepat dan efektif untuk kelangsungan bisnis. Dengan berbagai pertimbangan maka pemilihan media promosi baik melalui baliho dan brosur tentu bisa memberikan keuntungan. Oleh karena itu sebelum memutuskan mana yang akan dipilih apakah baliho ataukah brosur sebaiknya lihat secara lebih rinci apa yang menjadi kebutuhan bagi perusahaan. Jika memang baliho dirasa bisa mencapai target maka baliho bisa menjadi pilihan bagi perusahaan. Namun jika promosi produk perlu dilakukan dengan memusatkan fokus pada segmen pasar tertentu maka brosur bisa menjadi ide yang tepat untuk aktivitas promosi produk.

Adapun jika masih bingung untuk memilih mana media yang lebih efektif, coba saja tanyakan pada ahlinya, yaitu di https://www.bonafide.co.id/. Sebagai jasa layanan iklan profesional, tentu saja Bonafide mampu membantu memberikan keputusan yang paling tepat. Belum lagi hasil desain iklan yang menarik dan berkualitas. Dijamin akan mampu memberikan hasil sesuai ekspetasi dengan harga yang tak kalah terjangkau. Yuk, coba dulu!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *