Inilah 7 Strategi Pemasaran Produk Usaha Kecil Yang Wajib Dicoba

Strategi pemasaran produk usaha kecil menjadi bagian yang perlu dipertimbangkan secara lebih. Sebab strategi pemasaran ini  merupakan kunci keberhasilan bisnis. Dengan adanya strategi penjualan yang tepat maka produk Anda nantinya akan banyak dikenal oleh konsumen.

Hal ini berdampak pula pada meningkatnya penjualan produk yang memicu peningkatan pendapatan bagi usaha milik Anda. Maka bisnis atau usaha kecil yang saat ini sedang dirintis bukan tidak mungkin akan menjadi semakin besar. Berikut ini beberapa strategi pemasaran produk yang wajib untuk dicoba.

Menggunakan layanan jaringan internet

pemasaran melalui social media
Source : Okezone

Usaha kecil yang baru merintis atau mungkin mulai dikembangkan tentu saja dapat menggunakan layanan dari internet dalam melakukan proses pemasaran. Model pemasaran yang seperti ini akan menjadi strategi terbaik bagi usaha kecil agar dapat lebih dikenal oleh masyarakat luas. Dengan adanya pemasaran yang dilakukan melalui layanan internet maka nantinya masyarakat bisa menemukan usaha Anda.

Kebanyakan orang saat ini menghabiskan waktunya untuk mengakses internet. Bahkan jumlah audiens yang menggunakan layanan internet untuk mencari informasi mengenai berbagai hal di tiap harinya tak terkira jumlahnya. Tentu saja produk yang dipasarkan dengan menggunakan layanan jaringan internet nantinya bisa ditemukan dengan mudah oleh audiens. Tidak hanya produk saja yang akan ditemukan oleh audiens tetapi juga toko ataupun perusahaan kecil Anda juga akan semakin dikenal oleh audiens.

Baca Juga : Tips Pemasaran Offline di Masa Pandemi

Melakukan riset pasar untuk mengenal konsumen

Strategi selanjutnya yang dapat dilakukan untuk memasarkan berbagai macam produk ialah dengan melakukan riset pasar. Sebuah riset pasar memang perlu dilakukan agar keinginan dan permintaan pasar dapat diketahui. Apa yang diinginkan dan apa yang dibutuhkan oleh konsumen nantinya bisa dipahami secara lebih dalam. Namun untuk melakukannya sebaiknya tentukan terlebih dahulu target pasar.

Penentuan target pasar akan membuat proses pemasaran nantinya dapat berlangsung secara lebih efektif dan efisien. Hasil riset pasar akan membantu setiap pebisnis dan pemilik usaha untuk dapat mengenal konsumen secara lebih dalam.

Maka produk yang dibuat dan dipasarkan bisa disesuaikan dengan apa yang diinginkan dan dibutuhkan oleh konsumen sehingga produk pada akhirnya bisa laris di pasaran. Riset pasar memang menjadi bagian yang penting dalam melangsungkan aktivitas ekonomi. Terutama bagi pemilik usaha atau bisnis yang berdiri dengan adanya modal kecil.

Baca Juga : Fungsi dan Manfaat Branding untuk Pemasaran

Memilih lokasi strategis untuk usaha

penyewaan videotron dengan lokasi yang strategis
Source: mediamove.id

Pemasaran produk memang sekarang ini memang semakin banyak dilakukan secara online yaitu menggunakan layanan internet. Namun tidak sedikit pemilik bisnis atau usaha yang melakukan pemasaran produk secara offline. Bahkan untuk menjual produk ini kemudian didirikan toko sehingga konsumen bisa mendatangi toko tersebut secara langsung untuk mencari dan membeli produk. Jika Anda ingin membuka toko maka sebaiknya pilihlah lokasi yang strategis.

Lokasi toko turut menjadi pertimbangan utama bagi setiap orang yang ingin membuka dan menjalankan usaha atau bisnis apapun. Lokasi yang strategis akan memudahkan konsumen dalam menemukan toko Anda. Terlebih lagi bila toko terletak di pinggir jalan yang banyak dilewati oleh pengendara jalan. Pemilihan lokasi usaha atau bisnis juga sebaiknya dilakukan dengan mempertimbangkan target pasar. Usahakan agar tempat usaha Anda bisa dijangkau secara lebih mudah oleh target pasar yang telah ditentukan sejak awal.

Menggunakan influencer dalam strategi pemasaran produk

Satu lagi strategi terbaik bagi setiap usaha kecil yang ingin berkembang dengan pesat yaitu melakukan pemasaran produk secara online dengan menggunakan influencer. Yang dimaksud dengan influencer disini yaitu pihak atau orang yang dapat memberikan pengaruh besar pada prilaku audiens atau prilaku konsumen. Jika influencer menggunakan suatu jenis produk maka bisa saja audiens yang melihatnya akan terpengaruh sehingga menggunakan produk yang sama.

Beberapa influencer yang bisa digunakan sebagai sarana atau alat untuk memasarkan produk antara lain seperti artis terkenal atau bisa juga selebgram dan sejenisnya. Namun untuk pemasaran offline bisa juga digunakan influencer dalam bentuk yang berbeda. Influencer yang digunakan bisa saja dari tokoh yang mungkin memberikan pengaruh cukup besar ke masyarakat. Atau mungkin influencer yang berasal dari lingkungan Anda sendiri seperti dari lingkungan kerabat atau teman.

Baca Juga : 15 Cara Memulai Usaha Dari Nol, Pasti Bisa

Mengunakan affiliate marketing

pemasaran dengan sistem affiliate
Source: https://www.quipper.com/id/blog/quipper-campus/career/10-profesi-lulusan-desain/

Istilah affiliate marketing tampaknya akhir-akhir ini semakin tren dan banyak dikenal terutama oleh pebisnis. Istilah ini sebenarnya mengacu pada penggunaan jasa seseorang untuk memasarkan produk. Pembayaran jasa kepada pelaku pemasaran tersebut dilakukan jika pelaku pemasaran bisa berhasil menjual produk Anda. Umumnya aktivitas pemasaran ini dilakukan melalui internet sehingga bisa meraih audiens dari berbagai kalangan.

Affiliate marketer yang berhasil menjualkan produk nantinya berhak mendapatkan komisi dari pemilik bisnis atau usaha. Biasanya affiliate marketer ini bekerja dengan cara yang hampir sama dengan seluruh pelaku aktivitas pemasaran. Namun bagaimanapun juga peran affiliate marketer ini cukup besar terutama bagi suatu bisnis atau usaha startup yang ingin semakin maju dan berkembang. Tentunya strategi affiliate marketing ini akan membantu pemilik usaha kecil untuk semakin cepat dalam memasarkan produknya.

Menggunakan media sosial

Pemasaran yang dilakukan melalui internet dinilai paling efektif jika menggunakan peran dari media sosial. Memang media sosial belakangan ini semakin banyak digunakan oleh banyak pengguna internet. Bahkan hampir semua orang memiliki akun di media sosial. Penggunaan media sosial semakin merebak dan hampir setiap orang bisa mengoperasionalkannya dengan sangat baik.

Untuk itu sebaiknya segera manfaatkan peluang besar untuk keberhasilan pemasaran melalui media sosial yang banyak diakses oleh konsumen. Pemasaran produk yang dilakukan dengan memanfaatkan media sosial akan menjadi strategi tepat dalam mencapai target penjualan.  Melalui media sosial maka pemasaran produk bisa menjangkau banyak calon pelanggan. Tentu cara ini bisa menjadi cara yang paling efisien bagi setiap usaha kecil yang ingin meraih peningkatan penjualan dengan cepat.

Baca Juga : Cara Mengurus Izin Usaha Industri Untuk Bisnis Kamu

Memberikan promo diskon

Siapa saja pasti suka dengan apa yang disebut dengan promo dan diskon. Harga produk yang dijual dengan promo dan diskon pasti lebih murah daripada harga jual normal. Maka siapa saja pasti akan berebut produk yang dijual dengan harga promo atau diskon. Jika memang Anda ingin mengenalkan produk kepada banyak konsumen maka sebaiknya berikan harga murah di awal penjualan.

Produk yang dijual bisa diberi promo atau diskon sehingga harganya bisa lebih murah. Tentu konsumen akan tertarik dengan produk yang dijual sehingga konsumen melakukan pembelian produk. Pemberian harga promo dan diskon ini juga menjadi salah satu strategi tepat dalam pemasaran agar penjualan produk semakin meningkat.

Itulah strategi pemasaran produk usaha kecil yang wajib dicoba untuk membantu meningkatkan usaha dan bisnis. Apabila membutuhkan bantuan dalam hal memasarkan produk melalui media promosi, maka dapat menghubungi jasa pembuatan media promosi yang tepat.

Bonafide advertising merupakan perusahaan yang bergerak dibidang periklanan di Palembang, Bonafide advertising menawarkan jasa pembuatan Baliho, Spanduk, Banner, Videotron, Neonbox, dan pembuatan plang toko di Palembang. Tenaga kerja berpengalaman dan profesional siap melayani Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *