Efektifkah baliho di masa pandemi? Mungkin hal ini menjadi sebuah pertanyaan yang timbul dalam benak beberapa orang. Terutama bagi Anda yang mungkin sedang berencana untuk menggunakan baliho sebagai media promosi. Karena mungkin saja muncul keraguan mengenai efektivitas dari baliho itu sendiri. Apakah nantinya media yang dipasang itu bisa berfungsi dengan baik atau tidak. Apakah media promosi tersebut bisa memberikan hasil yang maksimal atau tidak.
Terlebih lagi di masa pandemi seperti sekarang ini yang membuat banyak orang tidak bisa lagi keluar rumah sesuka hati. Sehingga, untuk melihat prospek dari media iklan ini sendiri sebaiknya pahami dengan jelas terlebih dahulu bagaimana ciri dan fungsi baliho serta pemanfaatannya di tengah masyarakat.
Baca Juga : Lebih Efektif Mana, Media Periklanan Baliho Atau Brosur?
Ciri Baliho Secara Umum
Berikut ini beberapa ciri baliho yang bisa dilihat secara umum:
- Mempromosikan produk atau event tertentu. Sebuah baliho sebagai salah satu media iklan tentunya dipasang untuk mempromosikan produk atau event tertentu. Promosi tersebut dilakukan dengan harapan agar produk atau event bisa diketahui oleh masyarakat luas.
- Memiliki ukuran yang besar. Baliho memang dibuat dengan ukuran yang besar. Dengan ukurannya tersebut maka media promosi berukuran besar ini diharapkan agar dapat menarik perhatian dari masyarakat luas. Sehingga apa yang terpampang di dalamnya bisa diketahui oleh semua orang dengan sangat jelas.
- Diletakkan di tempat umum. Media promosi baliho juga memiliki ciri diletakkan di tempat umum. Maksudnya adalah benda yang satu ini ditempatkan di tempat yang penuh dengan keramaian. Tujuannya tidak lain adalah agar semua orang bisa melihat dan mengetahui informasi yang disampaikan di media ini.
- Bisa dipasang maupun dibongkar dengan cepat. Baliho harus mudah dipasang dan dibongkar kapan saja. Apalagi karena jika waktu promosi telah habis maka baliho tidak boleh tetap terpampang, harus diturunkan serta dibongkar secepatnya.
Baca Juga : Kumpulan Baliho Menarik di Setiap Kota di Indonesia
Fungsi Baliho Untuk Promosi Produk Di Masa Pandemi
Meskipun tengah berada di situasi pandemi, dimana pemerintah saat ini menerapkan aturan pembatasan social, namun baliho tetap dapat menjalankan fungsinya. Terutama terkait media promosi, misalnya sebagai berikut:
- Memberikan informasi, salah satu fungsi dari baliho adalah untuk memberikan informasi kepada khalayak umum. Informasi yang diberikan ini bisa saja mengenai suatu produk yang diluncurkan oleh brand perusahaan tertentu. Atau bisa saja informasi yang diberikan tersebut mengenai suatu event yang digelar di suatu waktu. Sehingga masyarakat bisa mengetahui produk ataupun event yang sedang diinformasikan dan sedang dipromosikan.
- Media promosi, selain untuk memberikan informasi rupanya baliho juga didirikan dengan fungsi sebagai media promosi. Dalam hal ini media baliho digunakan untuk mempromosikan produk atau event tertentu. Sebab ukurannya yang besar bisa membuat semua mata tertuju padanya. Selain itu penempatan dari media itu sendiri yang berokasi di tengah keramaian. Dengan demikian media ini bisa menjadi media promosi yang efektif.
- Menaikkan penjualan, karena adanya media promosi yang terletak di pusat keramaian pasti akan menarik banyak orang untuk melihatnya. Maka dari itu jika baliho dipasang setiap hari tentu akan ada banyak orang yang melihatnya. Produk atau event yang sedang dipromosikan pada akhirnya tertancap dalam benak masyarakat sehigga rasa tertarik pada produk yang ditawarkan semakin tinggi.
- Meningkatkan popularitas, yang mana sebuah brand yang terpampang di media baliho tentu akan terus diingat oleh orang yang sering melihatnya. Maka bukan hanya penjualan produk saja yang semakin meningkat. Tetapi juga popularitas brand juga akan semakin meningkat.
Baca Juga : Ini Dia Perbedaan Baliho dan Billboard Yang Harus Kamu Tahu
Menggunakan Baliho Secara Efektif di Masa Pandemi
Tentu saja menjadi pertanyaan, efektifkah baliho di masa pandemi saat ini. Tentunya hal ini tergantung pada strategi dan penggunaan baliho yang lebih optimal. Di antaranya dengan jalan melakukan hal-hal berikut ini.
Materi iklan sesuai dengan kondisi pandemi
Di masa pandemi sebaiknya sebuah baliho dibuat dengan tetap disesuaikan pada kondisi terkini. Jadi materi yang terdapat pada baliho diharapkan dapat sesuai dengan situasi yang dihadapi oleh masyarakat di masa sekarang ini. Maka semua orang yang melihatnya akan menjadi tertarik. Sebab setiap orang yang terjebak di masa pandemi ini akan membutuhkan berbagai informasi. Terutama informasi mengenai bagaimana menghadapi kondisi pandemi yang saat ini sedang terjadi.
Sasaran adalah masyarakat luas
Pemasangan media iklan baliho pada dasarnya ditujukan untuk masyarakat luas. Hal ini berhubungan pula dengan lokasi pemasangannya serta ukuran dari baliho itu sendiri. Untuk itu pembuatan iklan yang ada pada baliho sebaiknya dibuat dengan memperhatikan warna dan gambar serta kalimat yang jelas. Dengan demikian semua orang dapat dengan mudah menangkap informasi yang disampaikan melalui media promosi tersebut. Sekalipun mungkin orang hanya melihatnya sekilas saja.
Baca Juga : Cara Pembuatan Baliho Beserta Bahan yang Digunakan
Penempatannya di tengah keramaian
Media iklan dan promosi berukuran besar seperti baliho yang ditempatkan di tempat umum sangatlah menguntungkan. Kenyataannya saat berada di jalan hampir semua orang akan melihat baliho yang diketahuinya. Bahkan orang akan menghabiskan waktunya dengan melihat informasi yang ada pada baliho. Terlebih lagi jika baliho tersebut memiliki ukuran yang sangat besar dan tampilannya sangat jelas. Tentu media ini akan menjadi sarana promosi yang paling efektif untuk mencapai target.
Dibuat dengan sangat menarik
Untuk lebih menarik perhatian setiap orang yang melewatinya maka buatlah baliho dengan tampilan yang sangat menarik. Tampilan yang sangat menarik tentu akan memanjakan mata setiap orang yang melihat media promosi tersebut. Maka pemasangan baliho tidak akan sia-sia sebab baliho ini bisa tepat sasaran. Dengan tampilan yang menarik maka baliho akan menjadi media yang sangat efektif terutama untuk menyampaikan pesan khusus di masa pandemi seperti sekarang ini.
Pemanfaatan Baliho di Masa Pandemi
Efektifkah baliho di masa pandemi? Pertanyaan yang muncul dalam benak pebisnis atau penyelenggara event mungkin saja membuat pemasangan iklan di baliho semakin tertunda. Namun sebenarnya Anda tak perlu khawatir dengan aktivitas promosi. Asalkan baliho dibuat dengan ciri-ciri yang telah dibahas di bagian atas, maka nantinya baliho tersebut dapat berfungsi sesuai dengan yang diharapkan.
Mungkin di masa pembatasan socsal saat ini hanya sedikit orang yang keluar. Namun berapapun jumlah orang yang keluar tentu saja baliho akan tetap dilihat. Terlebih lagi bila masa pandemi ini berakhir dan berganti dengan new normal. Akan semakin banyak jumlah orang yang keluar rumah sehingga baliho semakin berpeluang untuk dilihat dan diketahui oleh banyak orang.
Nah, jika membutuhkan jasa pembuatan baliho terpercaya serta efektif dan efisien, sebaiknya percayakan hal ini pada jasa yang telah berpengalaman. Sebaiknya serahkan pada ahlinya yaitu https://www.bonafide.co.id/. Sehingga pembuatan baliho lebih maksimal serta kualitas yang diberikan terjamin sepenuhnya. Dengan demikian tentu saja meskipun masa pandemi, tetapi bisnis tetap dikenal dan berjalan lancer.