Ini Dia Perbedaan Baliho dan Billboard Yang Harus Kamu Tahu

Media Iklan di masa sekarang sangat bervariasi, mulai yang dapat digunakan secara online, hingga menggunakan media offline di jalanan. Tentunya penggunaan media iklan offline sering kali dirasa merupakan metode yang konvensional. Namun ternyata sejauh ini masih sangat efektif untuk digunakan.

Beberapa media iklan yang sering digunakan antara lain yaitu spanduk, baliho, poster, dan billboard. Nah, pada artikel ini, akan dibahas lebih mendalam tentang media iklan baliho dan billboard. Terutama yaitu perbedaan baliho dan billboard yang paling utama. Jika ingin tahu lebih lanjut, berikut ini beberapa perbedaan yang harus kamu ketahui sebelum memutuskan media iklan mana yang paling tepat.

fungsi billboard
Source: Dosenpendidikan.com

Artikel Lainnya : 6 Tips Memasang Iklan Baliho Yang Menarik

Definisi

Nah, pertama-tama ada baiknya melihat definisi dari masing-masing bentuk media iklan tersebut. Karena pada dasarnya baik baliho ataupun billboard ini memiliki definisi yang berbeda. Meskipun secara umum sebenarnya kedua media tersebut digunakan untuk media iklan outdoor atau di luar ruangan. Oleh karena itu sebaiknya mulailah memahami dulu definisi dari kedua media iklan tersebut. Supaya lebih jelas memahami bentuk dan perbedaan keduanya.

Dimulai dari baliho, secara umum media iklan ini merupakan sarana atau media untuk periklanan dan promosi yang memberitakan atau menyampaikan tentang suatu hal. Dimana dalam hal ini maka hal yang disampaikan bisa jadi produk yang baru diluncurkan, atau berupa informasi promo tentang produk tertentu. Sehingga banyak calon konsumen yang tertarik untuk mengenal produk yang ada di dalamnya lebih lanjut.

Kemudian berlanjut pada billboard, media iklan tersebut sebenarnya tidak jauh berbeda dengan baliho. Pada dasarnya sama-sama memberikan informasi atau berita tentang produk atau promo tertentu. Billboard ini umumnya berbentuk poster dengan ukuran tertentu dan sering kali menggunakan media baik itu digital maupun konvensional.

Artikel Lainnya : Konstruksi dan Ukuran Billboard Bedasarkan Jenisnya

Bentuk Media Iklan

Perbedaan baliho dan billboard berikutnya dapat dilihat dari bentuk media iklan yang digunakan. Jika banyak yang memahami bahwa baliho sering kali menggunakan media seperti kain atau poster yang ukurannya cukup besar dan jelas terlihat. Sementara jika melihat tampilan billboard, maka bisa dikatakan bahwa bentuk media iklan yang digunakan sedikit berbeda. Karena pada umumnya billboard dapat menggunakan bahan poster yang tebal, namun sering kali juga menggunakan bahan yang sifatnya sudah digital. Oleh sebab itu banyak yang memandang bahwa dari segi bentuk media iklan, baliho jauh lebih konvesional namun billboard memberikan tampilan yang lebih moderen dan lebih menarik.

Ukuran

Berbicara tentang ukuran, sering kali baliho dan billboard memiliki ukuran yang berbeda. Sebenarnya secara umum keduanya memiliki ukuran yang sama-sama besar. Sehingga dapat jelas terlihat oleh konsumen yang ditargetkan dari jarak tertentu. Namun demikian biasanya ukuran baliho hanya terdiri dari dua jenis saja, ada baliho yang berukuran horizontal dan ada baliho yang berukuran vertikal. Namun kebanyakan yang dijumpai, biasanya lebih banyak yang suka menggunakan baliho vertikal supaya lebih mudah dipasang dan tidak banyak memakan tempat.

Berbeda dengan billboard yang biasanya memiliki ukuran standar sendiri. Sehingga bagi yang ingin menggunakan media iklan berupa billboard, maka dapat memilih sesuai kebutuhan ukuran yang diinginkan. Umumnya billboard ini terdiri dari ukuran yang sangat besar, mulai dari ukuran 20 x 10 meter. Lalu mengerucut ada yang berukuran 18 x 6 meter, 12 x 6 meter, 10 x 5 meter, 4 x 8 meter, dan hingga hanya sekecil 4 x 2 meter. Sehingga penggunaan billboard dirasa lebih efektif karena dapat digunakan dari ukuran super besar hingga ukuran yang kecil saja.

Artikel Lainnya : Mengenal Ragam Jenis Billboard dan Fungsinya dalam Periklanan

Material Yang Digunakan

Baloho Palembang

Perbedaan baliho dan billboard selanjutnya yaitu ada pada jenis material yang digunakan. Sebagai bentuk dan media periklanan konvesional, jangan kaget jika secara umum baliho hanya menggunakan kayu dan kain, beberapa yang lebih baik menggunakan fiberglass serta bahan logam. Sehingga secara keseluruhan menggunakan material dengan biaya yang minim.

Akan tetapi billboard menggunakan material yang lebih banyak dan lebih bervariasi. Umumnya media iklan yang satu ini menggunakan kayu, logam, kain, fiberglass, namun juga tidak menutup kemungkinan menggunakan bahan berupa kaca dan plastik. Sehingga saat ditampilkan jauh lebih menarik dan lebih atraktif karena permainan bahan yang lebih baik tadi.

Metode Pemasangan

Dari sisi pemasangan tentu saja baliho dan billboard memiliki perbedaan yang mendasar. Hal ini terjadi karena memasang baliho umumnya dilakukan secara semi permanen. Contohnya hanya dengan memasang kayu penyanggah pada area terbuka lalu memasang kain baliho supaya dapat bertahan selama beberapa hari atau waktu saja. Berbeda dengan konstruksi billboard yang bersifat lebih permanen. Menggunakan penyanggah dari bahan logam yang dipasang dengan baik sehingga billboard dapat bertahan lebih lama dan tidak mudah rusak saat terkena gangguan cuaca.

Artikel Lainnya : Manfaat dan Ukuran Billboard untuk Bisnis

Tampilan Visual

Perbedaan baliho dan billboard berikutnya yaitu pada hasil akhir dari tampilan visual yang diberikan. Biasanya baliho hanya memberikan tampilan yang cukup standar berupa tulisan yang tercetak di atas poster maupun kain yang kemudian terpasang tersebut.

Lain halnya jika melihat billboard secara lebih dekat. Umumnya media iklan yang satu ini memang dapat dikatakan jauh lebih menarik. Hal ini tidak luput dari penambahan seperti lampu neon maupun neon box yang dapat membuat visualisasi billboard lebih terang dan lebih menarik. Terutama jika ingin menampilkan media iklan tersebut pada saat malam hari tiba. Tanpa pencahayaan yang baik tentunya baliho tidak akan terlihat dengan jelas karena tidak dilengkapi dengan sistem pencahayaan pada desainnya. Sementara billboard otomatis lebih terlihat karena menggunakan lampu neon.

Biaya Pengenaan Pajak

Jika berbicara tentang dasar pengenaan pajak, sebenarnya baik penggunaan baliho maupun billboard sama-sama harus membayarkan pajak untuk periklanan pada pihak pemerintah daerah. Yang menjadi perbedaan umumnya yaitu jumlah dan biaya yang dibutuhkan untuk pengenaan pajak tersebut. Baliho dengan ukuran yang lebih besar dan luas umumnya membutuhkan dana yang lebih besar, karena akhirnya terkena tariff pajak yang lumayan tinggi akibat dari efek ukuran tersebut. Lain halnya dengan billboard yang tersedia untuk ukuran besar hingga ukuran yang minim atau kecil saja. Otomatis menggunakan billboard bisa jadi lebih murah karena tersedia ukuran yang kecil tadi.

Itulah beberapa perbedaan baliho dan billboard yang sebaiknya diketahui. Dengan melihat beberapa perbedaan di atas, tentu sekarang kamu dapat lebih yakin untuk memutuskan mana media iklan offline yang akan menjadi pilihan. Jika ingin membuat media iklan baik baliho ataupun billboard, sebaiknya percayakan saja pada jasa yang profesional. Salah satunya yaitu di https://www.bonafide.co.id/ yang terbukti merupakan jasa printing iklan terbaik di Indonesia. Dengan memilih jasa yang satu ini, maka dijamin tentu hasilnya akan memuaskan. Media iklan terlihat menarik, keuntungan bisnis makin berlipat ganda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *