10 Cara Melayani Pelanggan Dengan Baik

Cara melayani pelanggan dengan baik tentunya harus menjadi perhatian khusus terutama bagi Anda yang sedang menjalankan bisnis. Sebuah pelayanan yang baik memang harus diberikan kepada pelanggan agar bisnis semakin bisa meningkat dan dikenal oleh banyak orang. Sekalipun bentuk pelayanan yang diberikan adalah berbeda namun sebaiknya setiap layanan ini diberikan dengan semaksimal mungkin.

Membiarkan pelanggan mengenal Anda

Source : dictio.id

Semakin dalam pelanggan mengenal perusahaan Anda maka peluang untuk menjadi pelanggan setia semakin besar. Untuk itu sebaiknya lakukan promosi bisnis dengan menggunakan media apa saja. Misalnya dengan menggunakan media internet yang saat ini selalu diakses oleh setiap orang. Maka audiens akan lebih mudah menemukan perusahaan dan melakukan kontak. Sebaiknya cara kontak tidak hanya dilakukan melalui media internet saja. Tetapi biarkan pelanggan mengetahui alamat perusahaan dan juga nomer telepon yang mudah dihubungi. Maka pelanggan akan lebih mudah menghubungi perusahaaan kapan saja.

Menawarkan layanan khusus

Ada banyak layanan khusus yang bisa diberikan pada para pelanggan. Misalnya saja layanan kontak person atau layanan untuk pemberian informasi setiap saat. Layanan juga bisa saja dalam bentuk pemberian harga promo sehingga pelanggan semakin merasa senang saat membeli produk. Atau mungkin ada layanan lain yang juga bisa diberikan dalam bentuk yang berbeda dan tidak diberikan oleh perusahaan kompetitor lainnya.

Dengan adanya layanan khusus inilah maka pelanggan akan merasa semakin dihargai oleh perusahaan. Tentu saja layanan ini akan membuat pelanggan merasa senang sehingga nama baik dan citra perusahaan akan selalu dinilai baik.

Baca Juga : Design Kaca Kantor Yang Maksimal Sehingga Menarik Calon Pelanggan

Menawarkan support layanan pelanggan 24 jam

Layanan pelanggan selama 24 jam atau dalam sehari penuh tentu sangat memudahkan pelanggan. Terutama bila pelanggan tiba-tiba menemukan kendala dalam penggunaan atau pemakaian produk. Atau mungkin saja pelanggan memang membutuhkan bantuan dari perusahaan untuk mendapatkan informasi mengenai produknya. Oleh karena itu sebaiknya perusahaan menyediakan layanan pelanggan 24 jam ini agar membuat pelanggan menjadi lebih tenang.

Menjamin kualitas produk

Salah satu upaya terbaik dalam menarik pelanggan untuk tetap setia pada perusahaan adalah dengan mengeluarkan produk berkualitas. Jangan sampai produk yang dikeluarkan ternyata mengecewakan dan tidak memberikan rasa puas pada pelanggan. Jaminan kualitas produk seringkali dilihat pula dari masa garansi yang diberlakukan pada produk tersebut.

Maka dari itu selalu berikan garansi untuk produk yang dijual. Nantinya jika pelanggan telah mendapatkan kualitas terbaik dari produk yang dijjual maka pelanggan bisa disarankan untuk memberikan testimoni. Melalui testimoni inilah maka audiens yang melihatnya akan merasa yakin dengan produk sekaligus brand perusahaan Anda.

Baca Juga : Pemilihan Warna Banner dan Spanduk yang Tepat Untuk Media Promosi

Meminta kontak milik konsumen

Meminta kontak pelanggan juga merupakan salah satu hal yang harus dilakukan agar perusahaan dapat terus kontak dengan pelanggan. Untuk mendapatkannya maka ada banyak cara yang bisa dilakukan. Misalnya dengan meminta nomer dan email pelanggan yang aktif dan bisa dengan mudah dihubungi terutama di saat pelanggan sedang membeli produk. Atau mungkin pelanggan yang datang ke perusahaan bisa diminta datanya agar juga bisa dengan lebih mudah dihubungi. Hal ini sangatlah berguna bagi perusahaan terutama untuk memperkenalkan berbagai macam produk baru yang dikeluarkan oleh perusahaan.

Membantu pelanggan dengan menangani kendalanya

Source : Okezone

Tidak sedikit pelanggan yang ternyata datang ke perusahaan atau mungkin ke bagian customer service untuk mengeluhkan hasil penggunaan produk yang dibelinya. Jika memang yang menjadi sumber keluhan bagi pelanggan adalah produk dari perusahaan Anda maka sebaiknya segera bantulah pelanggan.

Berikan informasi dan solusi mengenai setiap permasalahan yang dihadapi oleh pelanggan. Solusi yang diberikan juga sebaiknya prkatis dan mudah serta tidak bertele-tele. Tentunya layanan yang diberikan oleh Anda dalam menangani setiap kendala bisa membuat pelanggan merasa senang dan diperhatikan.

Menawarkan saran yang tepat

Pelanggan mungkin saja merasa bangun saat harus memilih salah satu dari beberapa produk yang ditawarkan. Untuk itu ia membutuhkan bantuan mengenai informasi produk dan juga bantuan berupa saran atau solusi tepat. Dalam menghadapi hal ini maka Anda sudah seharusnya bisa memberikan penawaran berupa saran yang tepat untuk pelanggan.

Berikan setidaknya kelebihan dan kekurangan produk pada pelanggan agar hal tersebut bisa menjadi bahan pertimbangan bagi pelanggan untuk memilih. Sebab setiap saran dan masukan dari Anda tentunya dapat meyakinkan pelanggan. Dengan kata lain saran yang diterima oleh pelanggan dapat berpengaruh pada keputusan yang diambil oleh pelanggan.

Baca Juga : Meningkatkan Skill Pelayanan Customer Service Secara Maksimal

Memberikan sikap ramah dan sopan dalam berinteraksi

Dalam memberikan pelayanan kepada pelanggan sebaiknya tetaplah bersikap ramah dan sopan. Interaksi yang terjadi antara Anda dan pelanggan sebaiknya diusahakan agar tetap berjalan harmonis sehingga pelanggan tetap percaya pada brand perusahaan Anda. Memang umumnya karakter dari tiap pelanggan adalah berbeda antara yang satu dengan yang lain.

Mungkin hal yang sulit adalah menghadapi pelanggan dengan karakter suka mengeluh dan mudah naik pitam. Walaupun begitu tetap saja pelayanan terbaik yang disertai dengan sikap ramah dan sopan haruslah dipertahankan.

Menanggapi keluhan dengan lebih sabar

Seringkali pelanggan merasa kurang puas tehadap produk yang telah dibelinya dan digunakannya. Rasa tidak puas ini tentu saja membuatnya memberikan keluhan mengenai produk tersebut. Bahkan bisa saja keluhan dan kritikan diungkapkan dengan menggunakan layanan internet misalnya keluhan ditampilkan di media sosial. Dalam menghadapi hal ini sebaiknya Anda tetap bersikap sabar. Segala keluhan dan kritikan yang dilontarkan sebaiknya diterima dengan baik. Setelah itu berikan solusi dengan sikap yang ramah agar hubungan perusahaan dengan pelanggan bisa tetap dibina dengan baik.

Mengucapkan terima kasih

Untuk setiap testimoni atau ulasan produk yang diberikan oleh pelanggan terhadap produk perusahaan sebaiknya direspon dengan ucapan terima kasih. Ucapan terima kasih ini akan membuat pelanggan merasa lebih dihormati sehingga penilaian positif terhadap perusahaan tidak akan luntur. Demikian pula saat pelanggan menyampaikan keluhan dan kritikan mengenai produk maka setelah memberikan solusi terbaik sebaiknya akhiri dan tutuplah pembicaraan dengan ucapan terima kasih. Kata-kata ini mungkin terlihat sepele namun bisa membuat orang lain merasa senang.

Itulah beberapa cara melayani pelanggan dengan baik yang dapat membuat pelanggan tetap betah dan bahkan setia pada bisnis Anda. Dengan memberikan layanan terbaik, tentu saja secara tidak langsung membawa bisnis semakin maju dan berkembang. Bahkan potensi mendapatkan pelanggan baru juga lebih besar.

Adapun untuk menunjang layanan yang baik pada bisnis Anda, jangan lupa juga menambahkan strategi pemasaran yang tepat. Salah satunya melalui berbagai macam media promosi untuk mengenalkan lini usaha dan bisnis Anda. Misalnya dengan menggunakan spanduk atau billboard yang mampu memberikan informasi menarik tentang bisnis yang sedang dikelola. Jika membutuhkan bantuan untuk media iklan dan promosi yang satu ini, percayakan saja pada ahlinya https://www.bonafide.co.id/. Dijamin bisnis Anda akan semakin dikenal serta makin banyak mendapatkan pelanggan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *