8 Tips Foto Produk Dengan HP Untuk UMKM Untuk Dijadikan Bahan Promosi

Tips foto produk dengan hp untuk UMKM untuk dijadikan bahan promosi bisa dipelajari. Terlebih lagi jika Anda saat ini sedang merintis bisnis startup dan perlu melakukan promosi produk. Gambar produk bisa dibuat dengan menggunakan hp untuk menghasilkan gambar mulai dari gambar yang sederhana sampai dengan gambar yang dihadirkan dengan kualitas tinggi. Untuk menghasilkan gambar atau foto produk yang terbaik maka sebaiknya Anda menggunakan trik dan tips tertentu. Gambar produk berkualitas bagus tentunya nanti akan membantu promosi produk menjadi lebih menarik.

Siapkan background foto dan studio mini

Salah satu tips terbaik yang bisa dilakukan untuk melakukan proses foto produk agar terlihat bagus adalah menyiapkan studio mini. Di studio mini ini sebaiknya siapkan background yang bisa membuat produk makin terlihat secara jelas. Misalnya background yang berwarna putih sehingga nantinya tiap sisi detail dari produk bisa tampak jelas. Warna putih juga terkesan netral sehingga produk yang difoto nantinya bisa tampak warna aslinya. Dengan adanya studio mini maka foto produk bisa tampak lebih bagus dan cerah. Selain itu foto produk juga akan tampak lebih jelas karena adanya background yang dipilih secara tepat.

Baca Juga : Mengenal Fungsi Dan Jenis Label Pada Sebuah Produk Yang Dipasarkan

Tentukan tema atau konsep yang diambil

Source : diykamera.com

Mengambil foto produk sebaiknya disertai dengan adanya konsep. Pemilihan tema atau konsep ini bisa dilakukan sesuka hati. Namun tetap saja pemilihan tema atau konsep foto sebaiknya sesuai dengan produk yang akan dipromosikan. Jadi tema atau konsep yang diusung tidak menyimpang jauh dari produk. Sebaiknya pilihlah tema yang sedang trend di kalangan masyarakat. Sebab biasanya tema yang sedang populer selalu dicari oleh audiens. Selain itu buatlah konsep yang seolah membuat audiens menjadi begitu penasaran. Dengan timbulnya rasa penasaran tersebut maka nantinya audiens akan terus mengikuti produk dan brand perusahaan Anda. Sekalipun usaha atau bisnis yang dijalankan masih kecil namun cara ini bisa diterapkan.

Berikan lighting atau pencahayaan yang bagus

Lighting atau pencahayaan pada proses pengambilan foto produk juga sangat perlu untuk diperhatikan. Jika memang proses pengambilan foto dilakukan di studio mini atau di dalam ruangan maka sebaiknya berikan lighting atau pencahayaan yang tepat. Sebaiknya gunakan dua buah lighting untuk diletakkan di bagian sisi kanan dan kiri. Maka nantinya produk yang difoto akan tampak lebih jelas dan juga tidak menimbulkan bayangan. Namun jika pengambilan foto untuk produk yang akan dijual dilakukan di luar ruangan maka lakukan pengambilan foto dengan menggunakan bantuan dari cahaya matahari. Produk tentu juga akan tampil dengan warna aslinya. Selain itu hasil foto akan tampak lebih jelas dan cerah.

Baca Juga : Manfaat & Kegunaan Banner untuk Promosi Produk atau Brand

Buatlah setting kamera pada ponsel secara maksimal

Setiap hp atau smartphone sekarang ini dilengkapi dengan resolusi yang cukup baik. Bahkan resolusi ini hadir mulai dari 5 MP hingga 20 MP sehingga hp semakin canggih untuk digunakan mengambil foto sebuah produk. Dengan adanya resolusi yang menambah kualitas kamera ponsel maka nantinya foto produk bisa dihasilkan dengan gambar yang sangat bagus. Untuk bisa mendapatkan gambar yang terbaik maka gunakan setting kamera terbaik yaitu menggunakan resolusi paling tinggi. Jangan lupa pula untuk mengatur setiap fitur yang ada pada kamera hp sehingga Anda bisa menghasilkan gambar yang jelas. Setidaknya buatlah setting kamera sesuai dengan kondisi tempat pemotretan agar seimbang.

Hindari teknik zooming

Teknik zooming umumnya dipakai saat proses pengambilan foto. Namun teknik zooming sebenarnya hanya bisa dilakukan bila proses pengambilan foto dilakukan dengan menggunakan kamera yang bagus. Seperti misalnya kamera DSLR yang memang dikenal memiliki resolusi cukup tinggi. Sayangnya tidak semua UMKM bisa mengambil foto produk dengan kamera yang bagus. Banyak pula UMKM yang mengambil foto produk dengan menggunakan hp murah. Maka hasil foto bisa dibilang tidak terlalu bagus. Untuk itu sebaiknya jangan menggunakan teknik zooming. Sebab teknik zooming justru bisa membuat kualitas gambar menjadi lebih buruk. Jadi untik mendapatkan hasil gambar terbaik sebaiknya aturlah jarak pengambilan foto secara tepat.

Baca Juga : Contoh Banner Toko dan Produk yang Unik, Keren, & Menarik

Ambillah foto produk dari beberapa angle

Tips selanjutnya yang bisa turut diterapkan saat mengambil foto produk dengan menggunakan hp adalah ambillah foto dengan angle yang tepat. Jadi gunakan teknik pengambilan gambar berdasarkan angle. Umumnya memang setiap pengambilan foto dilakukan dari arah depan. Namun untuk mengambil foto produk sebaiknya dilakukan pula dari sudut yang berbeda. Misalnya dari bagian belakang produk atau mungkin dari bagian samping produk. Pengambilan foto dari berbagai sudut atau angle ini akan membuat audiens bisa melihat produk dari berbagai sisi. Jadi seluruh bagian produk bisa dilihat oleh audiens. Bahkan pengambilan foto juga bisa diambil dari bagian atas dan bagian bawah sehingga tiap sisi produk bisa dilihat dengan jelas.

Kenalilah jeda waktu shutter pada kamera ponsel

Source : Jurnal.id

Setiap hp biasanya memiliki jeda waktu yang masing-masing berbeda. Untuk itu kenalilah dengan benar jeda waktu shutter pada kamera di ponsel Anda. Maka penggunaan kamera ponsel tersebut bisa dilakukan sesuai dengan keinginan dan kebutuhan. Saat memencet tombol shutter sebaiknya lakukan hal tersebut dengan tenang sehingga hasil gambar akan bagus. Jika shutter dipencet dengan disertai adanya gerakan maka hasil pengambilan gambar bisa kabur. Hasil pengambilan gambar bisa tampak jelek dan tidak jelas. Oleh karena itu perhatikan benar jeda waktu shutter dengan baik agar gambar yang dihasilkan tidak sampai blur. Atau mungkin Anda bisa menggunakan sejenis holder hp atau tripod agar hasil gambar bagus.

Jangan melakukan editing secara berlebihan

Editing hasil foto memang seringkali dilakukan oleh kebanyakan orang. Melalui proses edit ini maka hasil gambar akan tampak lebih bagus dan menarik. Edit foto juga bisa dilakukan sesuai dengan keinginan Anda. Namun yang perlu diingat bahwa edit hasil pengambilan gambar untuk sebuah produk yang akan dijual sebaiknya tidak terlalu banyak menggunakan proses edit. Mungkin saja proses edit bisa diberikan sedikit. Namun jika berlebihan maka proses edit bisa mengubah warna gambar produk. Akibatnya warna produk yang tampak pada gambar menjadi berbeda dengan warna asli produk. Untuk itu sebaiknya hindarilah editing secara berlebihan.

Itulah tadi beberapa tips foto produk dengan HP untuk UMKM untuk dijadikan bahan promosi bagi bisnis dan usaha. Jika membutuhkan pembuatan media promosi dengan foto produk, sebaiknya serahkan saja pada jasa yang professional. Salah satunya yaitu pada bonafide yang merupakan jasa media promosi terpercaya. Bukan hanya dapat menjanjikan kualitas yang maksimal, namun juga mampu memberikan harga yang cukup bersaing. Maka dari itu jangan ragu lagi, percayakan saja pada https://www.bonafide.co.id/ untuk hasil promosi produk yang paling optimal.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *