Menyimak Perkembangan Bisnis Percetakan di Tanah Air

Perkembangan bisnis percetakan di Indonesia tentu bila diperhatikan cukup panjang sejarahnya. Mulai dari awal mula percetakan pertama yang ada di Indonesia, hingga perkembangan yang ada selama ini dan apa saja teknologi yang mendukung perkembangan tersebut. Pastinya kisah di balik hal tersebut cukup panjang dan banyak. Namun, sayangnya banyak pihak yang kurang memahami hal tersebut dan bahkan tidak memiliki informasi sekali dalam hal ini.

Untuk memberikan wawasan serta informasi tentang perkembangan bisnis percetakan di tanah air, ada baiknya melihat seluruh artikel berikut ini. Mulai dari sejarah bisnis percetakan itu sendiri, hingga cakupannya dan perkembangannya di era digital saat ini. Bagi yang tertarik lebih lanjut, yuk segera baca detilnya di paragraf berikut ini.

Baca Juga:

Mesin Percetakan Dan Perkembangannya

Sejarah Dan Cakupan Bisnis Percetakan Indonesia

Mesin Percetakan Dan Perkembangannya

Tentu saja jika berbicara tentang perkembangan bisnis percetakan tentu harus dimulai dari sejarah bisnis itu sendiri di tanah air. Banyak orang saat ini melihat bahwa ada banyak percetakan yang muncul di Indonesia. Namun bila diperhatikan tidak banyak yang mendirikan bisnis ini berskala luas. Maka dari itu cukup menarik untuk melihat bagaimana awal mula bisnis ini muncul di tanah air.

Dimulai dari awal mula dimana mesin cetak umumnya masih manual dan terbatas kuantitasnya. Hingga di jaman sekarang sudah menggunakan teknologi yang lebih maju dan lebih berkembang. Pada perkembangannya tentu saja bisnis percetakan bisa mencakup berbagai macam hal. Mulai dari awal dimana bisnis percetakan berfokus pada pembuatan iklan yang sederhana.

Contoh penggunaan media yang umum dalam hal ini misalnya saja selebaran dan brosur atau pamflet. Namun pada perkembangannya sekarang tidak hanya sebatas hal-hal tersebut saja. Bisnis percetakan terutama untuk media periklanan telah merambah banyak hal. Mulai dari penggunaan banner, spanduk, neon box hingga juga pembuatan videotron.

Tentu saja semua tergantung pada waktu dan tuntutan jaman. Dimana teknologi yang berkembang mendorong bisnis percetakan menjadi lebih moderen dan lebih canggih. Teknologi printing sendiri tidak lagi dilakukan dengan sistem manual seperti sablon di masa yang lalu, tetapi berkembang dengan printing digital yang sepenuhnya dilakukan mesin dengan kendali yang bisa diatur dengan seksama. Semua media kini bisa dijadikan alat untuk mengiklankan produk atau jasa tertentu dengan mudah.

Baca Juga:

Mengenal Jenis-jenis Alat Printing Sesuai dengan Kegunaannya

Mesin Cetak Di Indonesia

Bisnis percetakan tentu tidak lepas dari dukungan alat-alat bantu di baliknya. Demikian juga yang paling banyak menyita perhatian yaitu mesin cetak yang digunakan dari waktu ke waktu. Jika di masa dulu semua dilakukan secara manual. Atau teknologi pewarnaan yang dihasilkan masih terbatas, maka di masa sekarang mesin cetak sudah lebih sempurna kemampuannya. Begitu juga dengan hasil yang dapat diberikan juga jauh lebih baik.

Apalagi saat ini mesin cetak juga telah menggunakan teknologi digital yang mudah dikendalikan oleh siapa saja dan dimana saja. Sehingga tidak perlu khawatir jika hasil tidak memuaskan atau kurang presisi pada akhirnya. Teknologi yang berkembang tidak hanya sebatas mesin cetak yang berasal dari dalam tanah air saja. Tetapi seiring meningkatnya kemampuan transportasi dan distribusi barang, maka mesin cetak dari berbagai negara juga beragam tingkat teknologinya.

Berbagai macam produk mulai dari buatan Amerika, buatan Eropa, hingga buatan Jepang dan China. Masing-masing mesin menawarkan keunggulan tersendiri yang saling kompetitif dengan harga bersaing juga. Sehingga tidak mengherankan jika saat ini ada banyak mesin yang diimpor dari negara tersebut. Meskipun ada pula mesin-mesin lokal dengan kemampuan yang lebih minim.

Bisnis Percetakan di Era Digital

Mesin Percetakan Canggih

Selepas berjalannya waktu hingga saat ini, tentu saja teknologi yang menyertai bisnis percetakan di tanah air terus mengikuti perkembangan jaman. Jika di masa lalu menggunakan sistem cetak manual yang dikontrol oleh manusia dan mesin manual, maka di masa sekarang teknologi berkembang  menggunakan teknologi digital.

Tentu banyak yang mengetahui bahwa bahkan sebagian besar percetakan saat ini lebih menggunakan metode digital daripada manual. Bahkan bisa dikatakan sudah tidak lagi ada bisnis percetakan manual seperti masa lampau. Saat ini teknologi digital yang memudahkan proses cetak membuat bisnis mau tidak mau mengaplikasikan teknologi tersebut dalam menunjang jasa percetakan yang dimiliki.

Di era digital ini mulai dari desain hingga proses cetak semua dilakukan oleh bantuan teknologi dan komputer. Jika di masa yang lalu desain dilakukan manual, maka sekarang sudah banyak software pendukung yang mempermudah proses desain tersebut. Bukan hanya mempermudah saja, tetapi juga memberikan efisiensi waktu yang cukup tinggi. Tidak perlu membutuhkan waktu lama dalam menghasilkan desain yang berkualitas. Hanya dalam hitungan jam dan hari maka desain iklan bisa diselesaikan dengan baik.

Demikian juga proses cetak yang tidak lagi secara manual. Saat ini sudah ada digital printing yang bisa membantu proses cetak dengan mudah dalam waktu singkat. Tidak perlu berlama-lama mendapatkan hasil. Selain itu tentu saja hasilnya lebih presisi dan dapat dikendalikan dengan mudah melalui laptop maupun smartphone. Dengan perkembangan ini maka bisnis percetakan dapat selalu menjadi yang terdepan dan tidak pernah habis atau surut perkembangannya.

Suka Duka Percetakan Indonesia

Perkembangan Teknologi Mesin Cetak

Tentu saja meski jaman telah berubah, teknologi makin meningkat, namun seiring hal tersebut ada suka dan duka dari perkembangan bisnis percetakan itu sendiri. Walaupun dunia periklanan terus meningkat, ada kalanya pasang dan adakalanya surut. Namun pastinya hal semacam ini tidak memudarkan semangat perkembangan bisnis tersebut. Selama kebutuhan masyarakat tetap ada, maka tentu periklanan beserta bisnis percetakan di baliknya akan terus berkembang dan menantang jaman.

Ada kalanya kondisi ekonomi kurang baik atau menguntungkan. Ada kalanya bisnis sedang tajam dan meningkat, sehingga permintaan pasar cukup tinggi. Dengan berbagai macam faktor pendukung yang mempengaruhi bisnis dalam bidang percetakan, tentu saja banyak kesempatan yang bisa diraih baik di masa lalu maupun di masa yang mendatang. Bahkan meskipun ekonomi sedang kurang baik, tetapi kebutuhan ekonomi dan pasar tetap meningkat, membuat media iklan sendiri tetap dibutuhkan.

Baca Juga:

Tips dan Cara Praktis Proses Pembuatan Stiker

Cara Pembuatan Baliho dengan Detail

Pengertian, Fungsi, & Contoh Spanduk di Dunia Periklanan

Bisnis Percetakan Bonafide Advertising

Adapun salah satu bisnis percetakan di Indonesia yang memberikan jasa pelayanan pembuatan iklan dan percetakannya yaitu Bonifide Advertising. Perusahaan ini memiliki beberapa layanan utama berupa jasa desain iklan seperti banner, neonbox, hingga brosur. Selain itu Bonafide juga dapat membantu penyewaan billboard maupun pembuatan spanduk dengan tampilan menarik dan berkualitas.

Oleh sebab itu tidak perlu ragu jika mencari perusahaan penyedia jasa periklanan yang terpercaya. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang jasa periklanan yang disediakan oleh perusahaan yang sudah berpengalaman.

Melalui jasa percetakan yang tepat, tentu saja target iklan yang Anda butuhkan dapat tercapai secara optimal. Konsumen makin bertambah, dan bisnis yang Anda miliki juga dapat berkembang lebih cepat. Jadi, jangan ragu, percayakan saja pada Bonafide!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *