Mengenal Fungsi Dan Jenis Label Pada Sebuah Produk Yang Dipasarkan

Penggunaan label tentu merupakan hal yang penting untuk diperhatikan. Terutama jika hendak memasarkan atau meluncurkan sebuah produk kepada para konsumen. Salah memilih label bisa jadi membuat strategi pemasaran berjalan tidak lancar. Sehingga pada akhirnya bisnis menjadi kurang baik dan tidak menguntungkan.

Oleh sebab itu sebaiknya pahami dulu bagaimana fungsi dan jenis label pada sebuah produk yang diluncurkan di pasaran. Sehingga hal ini dapat membantu tim pemasaran bisnis atau perusahaan menemukan ide terbaik dalam melakukan desain untuk label pada produk. Supaya lebih jelasnya, berikut ini fungsi dan jenis label pada produk secara lebih rinci.

Artikel Lainnya : Stiker, Media Promosi Murah Meriah Yang Wajib Anda Coba

Fungsi Label Pada Sebuah Produk

Source : Tokopedia.com

Pada dasarnya penggunaan label memiliki beberapa fungsi yang penting. Terutama jika dikaitkan dengan keberhasilan strategi pemasaran melalui pelabelan ini. Beberapa fungsi yang dapat diperoleh sebuah bisnis atau usaha melalui penggunaan label yang tepat yaitu meliputi hal-hal di bawah ini.

Memberikan Identifikasi Merek

Sangat penting untuk merencanakan desain label yang paling tepat, karena fungsi utama dari memberikan label pada produk salah satunya yaitu untuk memberikan identifikasi pada merek. Melalui label maka konsumen dapat dengan mudah melihat serta memahami bahwa produk tersebut diproduksi oleh merek tertentu. Sehingga konsumen dapat menjadi yakin jika mengetahui apa yang menjadi merek produk yang diluncurkan tadi. Secara tidak langsung merek yang ternama akan segera mendapat perhatian lebih dari pada merek yang belum dikenal. Sehingga dengan memberikan label pada produk secara tidak langsung mempermudah identifikasi merek yang dilakukan oleh para pelanggan.

Menentukan Kelas

Siapa sangkat bahwa fungsi label pada sebuah produk termasuk untuk menentukan kelas dari produk tersebut. Dengan membaca label dan melihat desain label, konsumen bisa menentukan segmentasi peruntukan kelas dari produk tersebut. Terutama karena secara tidak langsung hal ini berhubungan dengan merek, dimana merek tertentu juga menentukan kelas dan segmentasi konsumen yang tertentu juga. Sehingga pemberian label bisa membantu lebih mudah untuk menentukan segmentasi pasar dari produk yang dipasarkan.

Menarik Perhatian Konsumen

Label yang menarik tentu akan lebih mudah untuk menarik sejumlah konsumen dalam membeli produk tersebut. Hal ini sudah cukup umum, misalnya jika label dilengkapi dengan tulisan serta warna yang atraktif. Meskipun dapat terbilang baru diluncurkan, namun jika sebuah produk dikemas menggunakan label yang baik tentu dapat memudahkan konsumen untuk memutuskan menggunakan atau membeli produk tersebut.

Artikel Lainnya : Begini Lho, Cara Membuat Brosur Yang Menarik Dan Ampuh Untuk Promosi

Memberikan Gambaran Produk

Source : Diaryhijaber.com

Label juga memiliki fungsi untuk memberikan gambaran tentang produk yang diluncurkan. Misalnya apakah produk tersebut mengandung bahan tertentu atau tidak. Lalu juga melihat apakah produk halal untuk dikonsumsi atau tidak. Semua ini tercatat dengan baik pada label atau kemasan produk. Sehingga tentunya dalam membuat label sebuah produk harus mempertimbangkan hal-hal penting yang memang harus tercantum di dalamnya. Supaya konsumen dapat memperoleh informasi lebih mudah serta lebih jelas dalam menentukan apakah produk tersebut sesuai untuk dibeli atau tidak.

Jenis Label Pada Sebuah Produk

Bukan hanya perlu untuk memahami apa fungsi dari penggunaan label saja, tetapi ada baiknya juga memperhatikan apa saja jenis label yang dapat digunakan pada sebuah produk. Hal ini cukup penting untuk memastikan bahwa tim pemasaran perusahaan nantinya tidak salah dalam melakukan pemilihan jenis label yang tepat. Terutama untuk memastikan bahwa fungsi dari label bekerja secara optimal dan tepat. Adapun secara umum berikut ini beberapa jenis label pada sebuah produk yang dapat dipilih untuk digunakan.

Artikel Lainnya : Cara Membuat Brosur Makanan Dengan Template Microsoft Word

Brand Label atau Label Merek

Yang pertama yaitu jenis brand label. Dari namanya saja sudah cukup jelas bahwa jenis label seperti ini umumnya hanya memuat brand dari produk yang ditawarkan. Sehingga label yang diberikan tidak banyak memuat kata-kata atau informasi mengenai produk tersebut. Menggunakan brand label dapat memberi keuntungan membantu konsumen segera mengetahui brand dan produsen dari produk tersebut. Sehingga membantu konsumen dalam memutuskan lebih cepat juga apakah mereka tertarik untuk membelinya atau tidak.

Brand label juga dikenal dengan sebutan label merek. Karena tujuan utamanya memang digunakan untuk memperlihatkan merek dari produk yang diluncurkan. Sehingga konsumen dapat dengan mudah segera mengenali apa yang menjadi merek produk tersebut atau darimana produsen produk tersebut secara rinci.

Grade Label atau Label Tingkat

Selanjutnya ada yang dinamakan dengan grade label. Jenis label yang satu ini merupakan label yang bersifat menunjukkan tingkatan atau grade dari produk yang diberikan. Misalnya apakah produk tersebut merupakan kualitas terbaik atau kualitas kedua. Sehingga konsumen dapat memperoleh informasi yang lebih jelas mengenai tingkatan dari produk yang dihasilkan.

Grade label ini secara umum juga dikenal dengan label tingkat. Sehingga melalui pemberian label sejenis ini dapat membuat konsumen memutuskan apakah produk tersebut sesuai dengan kualitas yang diharapkan. Sering kali memang dalam satu merek terdapat dua tingkatan produk, produk premium dengan kualitas terbaik, lalu produk kelas berikutnya yang lebih murah namun kualitas sedikit menurun. Tentunya dengan melihat label tingkat, tentu konsumen dapat cepat memutuskan mana yang sesuai kebutuhan mereka.

Label Deskriptif

Berikutnya jenis label pada sebuah produk ada yang dinamakan dengan label deskriptif. Inilah jenis label yang paling banyak memberikan informasi pada para konsumen. Maklum saja, tipe label seperti ini memberikan informasi mengenai kandungan produk tersebut atau informasi penting lainnya yang dibutuhkan oleh konsumen. Sehingga konsumen lebih mudah dalam menentukan apakah produk tersebut sesuai untuk digunakan atau tidak.

Artikel Lainnya : Bahan Baku Untuk Membuat Brosur Sebagai Alat Promosi

Label Produk

Jenis label yang satu ini sejenis dengan label deskriptif. Namun umumnya informasi yang diberikan di dalamnya jauh lebih minim. Biasanya pada jenis label produk ini hanya diberikan informasi penting tentang produk yang dipasarkan serta kelebihan utamanya. Beberapa memuat kandungan pada produk secara umum namun tidak memberikan informasi yang jelas seperti cara menggunakan atau komposisi detil.

Itulah beberapa informasi menarik terkait fungsi dan jenis label pada sebuah produk. Terutama untuk strategi pemasaran dan mengenalkan produk supaya lebih dekat pada konsumen. Dengan memahami apa saja fungsi dari penggunaan label, tentu saja hal ini memicu pembuatan label yang lebih baik. Demikian juga saat memilih jenis label yang tepat. Apabila merasa kebingungan dan tidak tahu harus memilih label dengan desain seperti apa, sebaiknya serahkan pada ahlinya yaitu https://www.bonafide.co.id/.

Sebagai jasa profesional di bidang printing untuk periklanan atau advertising, Bonafide telah memiliki banyak pengalaman dan review yang menarik dari para pelanggannya. Selain itu hasil kerjanya selalu cepat dan memuaskan, sesuai dengan keinginan para pelanggan. Oleh karena itu jangan ragu untuk menyerahkan keperluan pembuatan label hanya pada jasa yang satu ini. Dengan mempercayakan pada Bonafide, dijamin label yang dihasilkan menarik dan mampu meningkatkan pemasaran produk yang diharapkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *