Tips Penting Dalam Melakukan Desain Banner

Tips penting dalam melakukan desain banner tentu perlu untuk diperhatikan secara lebih lagi agar desain banner bisa tepat dan berfungsi dengan baik. Banner tampaknya kini menjadi suatu media promosi yang sudah cukup umum dan cukup familiar bagi masyarakat luas. Bahkan di lapangan rupanya banyak ditemui beragai macam toko dan juga perusahaan yang menggunakan media ini untuk melakukan aktivitas promosi.

Baik suatu promosi mengenai produk yang diluncurkan oleh perusahaan dan dijual oleh toko maupun promosi mengenai suatu acara. Kehadiran banner tentu nantinya akan membantu toko dan perusahaan yang akan mempromosikan produknya ataupun acara yang digelarnya. Untuk itu diperlukan adanya berbagai tips dalam membuat sebuah desain yang menarik bagi banner agar banner tampak kreatif dan menarik.

Baca Juga : Tips Penting Dalam Melakukan Desain Banner

Kelebihan Desain Banner

Jenis Banner Roll Up
Source: https://graphicsalon.com/product/psd-modern-roll-up-banner/

Desain visual menarik

Umumnya pada sebuah banner tidak hanya terdapat tulisan yang berfungsi untuk menjelaskan dan mempromosikan sesuatu. Namun pada banner juga terdapat desain visual yang bisa saja tampil sangat menarik. Desain visual yang menarik ini tentu saja akan membuat masyarakat ingin terus melihatnya sehingga banner akan dilihat berulang-ulang.

Kreatif dan informatif

Banner di zaman sekarang ini dianggap merupakan suatu hal yang penuh ide. Sebab untuk membuat desainnya tentu saja dibutuhkan suatu kreativitas sehingga banner tampak enak dipandang mata. Selain itu banner dinilai bisa memberikan informasi yang paling singkat namun sangat jelas sehingga media promopsi ini terkesan informatif.

Baca Juga : Pemilihan Warna Banner dan Spanduk yang Tepat Untuk Media Promosi

Teknik Menghasilkan Desain Banner Terbaik

Banner media promosi
Source: https://www.cetakbagus.com/manfaat-cetak-banner-untuk-promosi-bisnis/

Headline jelas dan singkat

Banner pada dasarnya merupakan suatu media yang bisa digunakan untuk berbagai keperluan seperti misalnya untuk kegiatan promosi. Memang media yang satu ini hanya akan dilihat oleg para audiens dalam waktu yang sangat singkat. Bahkan mungkin untuk melihatnya hanya dibutuhkan waktu beberapa detik saja. tetapi dengan adanya headline yang jelas maka pesan dari banner itu sendiri akan tersampaikan pada para audiens.

Oleh karena itu headline haruslah dibuat secara jelas dan juga haruslah singkat. Maka nantinya audiens bisa selalu mengingat headline yang dilihatnya tersebut. Headline yang dibuat secara jelas dan singkat nantinya akan memancing rasa ingin tahu dari setiap orang yang melewatinya dan melihatnya.

Informasi tidak bertele-tele

Teknik lain yang juga perlu diterapkan dalam pembuatan banner adalah adanya informasi pada banner yang tidak bertele-tele. Jadi informasi yang ingin disampaikan sebaiknya ditulis dalam bentuk yang cukup padat sehingga tidak terkesan terlalu panjang dan bertele-tele.

Informasi yang ditulis dalam kalimat yang panjang tentu saja akan membuat setiap orang yang melihatnya jadi malas untuk membacanya. Sebab informasi yang ditulis secara panjang dan bertele-tele bisa menyulitkan audiens untuk membacanya. Waktu untuk membacanya juga tidak akan cukup karena biasanya audiens yang melihat banner hanya akan melihatnya secara sekilas. Kecuali jika audiens memang membutuhkan informasi yang tertuang pada sarana promosi tersebut.

Logo di posisi yang tepat

Sebuah logo juga menjadi bagian yang penting pada sebuah banner. Pemasangan logo ini haruslah diletakkan di tempat yang tepat. Umumnya tempat atau posisi yang palig tepat bagi logo adalah pada bagian atas. Atau bisa saja logo ditempatkan sejajar dengan mata audiens yang melihatnya. Posisi logo yang seperti ini tentu akan membuat masyarakat menjadi lebih tertarik untuk melihatnya sehingga perhatian lebih akan diberikan apda banner yang sedang dipasang tersebut. Peletakan logo bisa disesuaikan pula dengan informasi yang ingin disampaikan pada masyarakat. Yang jelas informasi utama yang ingin disampaikan pada audiens sebaiknya diposisikan sejajar dengan mata audiens.

Gambar memperkuat pesan

Pada banner juga harus disertai dengan gambar atau image. Maka dari itu gambar yang dipasang di media promosi tersebut haruslah diperhatikan secara lebih lagi. Sebaiknya pilihlah gambar yang sekiranya dapat semakin memperkuat dan memperjelas informasi yang akan disampaikan. Selain itu gambar yang digunakan dan tertera pada banner sebaiknya menggunakan reolusi tinggi agar kualitasnya bagus.

Gambar yang menarik dan jelas tentu akan membuat setiap orang menjadi penasaran dan ingin tahu mengenai informasi apa yang terdapat pada banner. Maka tiap orang yang melihatnya akan semakin memperhatikan banner dan mendapatkan informasi. Maka dari itu dalam membuat banner jangan sampai mengesampingkan hadirnya gambar yang berkualitas dan menarik perhatian.

Kombinasi warna sesuai

Sebuah desain yang dituangkan pada banner umunya tidak luput dari pilihan warna yang tepat. Usahakan agar kombinasi warna yang dicantumkan pada media promosi tersebut bisa sesuai dengan kebutuhan konten. Kombinasi warna yang tepat tentu akan membuat banner menjadi enak dipandang mata sehingga setiap orang merasa ingin melihatnya. Oleh karena itu berikan kombinasi warna yang mungkin terkesan sangat menarik dan bahkan luar biasa.

Namun jangan sampai kombinasi warna tersebut menjadi tampak berlebihan dan norak. Untuk memberikan kombinasi warna yang tepat maka sebaiknya perhatikan dengan benar bahan dair banner. Sebab bahan banner pada dasarnya dapat berpengaruh pada kualitas warna yang ditampilkan.

Adanya info kontak

Hal terakhir yang juga perlu diperhatikan dengan benar saat membuat banner adalah penulisan info kontak. Penulisan info kontak ini  menjadi bagian dari desain banner yang tidak boleh sampai dilewatkan. Sebab info kontrak ini sendiri sebenarnya merupakan bagian dari informasi yang harus pula disampaikan pada masyarakat luas. Bahkan bisa dibilang bahwa info kontak ini merupakan hal inti dari sebuah kegiatan promosi yang dilakukan dengan menggunakan bantuan dari berbagai macam media termasuk pula media banner. Oleh karena itu berikan info kontak yang memang sesuai sehingga audiens bisa menghubungi kontak tersebut sewaktu-waktu atau pada saat memerlukannya.

Baca Juga : Manfaat & Kegunaan Banner untuk Promosi Produk atau Brand

Ketepatan Dalam Pembuatan Desain Banner

cara pembuatan banner roll up banner
Source: Fiverr.com

Tips penting dalam melakukan desain banner tentu bisa menjadi sebuah masukan yang sangat berarti terutama dalam memaksimalkan fungsi dari banner sebagai saran pemberi informasi. Sebuah desain banner umumnya tidak hanya dinilai dari desainnya yang tampak enarik saja. tetapi secara lebih jauh rupanya sebuah banner juga dinilai dengan melihat pada kelengkapan informasi yang terdapat di dalamnya.

Oleh karena itu pembuatannya haruslah dilakukan dengan hati-hati dan tepat. Jangan sampai terjadi kesalahan dalam hal pembuatan banner baik saat membuat desainnya maupun saat menuliskan informasi. Pastikan bahwa hasil karya berupa banner tidak sampai cacat dan tidak ada kesalahan sama sekali. Maka nantinya konsumen tentu akan menyukai banner hasil karya Anda.

Adapun jika membutuhkan bantuan untuk desain banner yang menarik serta atraktif, serahkan saja pada ahlinya. Misalnya mempercayakan pada bonafide. Sebagai jasa pembuatan iklan terpercaya, dijamin dengan jasa yang satu ini Anda dapat memperoleh desain banner paling menarik dengan harga terjangkau dan kualitas yang terjamin. Maka dari itu jangan ragu untuk menyerahkan pada ahlinya. Hubungi https://www.bonafide.co.id/ untuk informasi lebih lanjut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *